selamat hari raya idul fitri 1432 H. Minal Aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. mari kita galang silaturahim untuk meyatukan gagasan demi kemajuan prenduan . hanya itulah bentuk terima kasih bagi tanah kelahiran yang telah membesarkan kita

26 Februari 2013

HAL KECIL YANG BISA MEMBUAT FACEBOOK AND DIBLOKIR

Bagi anda Fesbukholic, tentu sangat menyenangkan punya banyak teman, lalu banyak juga yang kasih komentar di wall atau di status update anda. Hingga anda merasa bahwa facebook telah menjadi bagian dari kehidupan anda. Tapi…. Bagaimana rasanya bila tiba-tiba anda mendapat e-mail pemberitahuan kalau profil facebook anda dibanned/diblokir atau disuspend hingga anda tidak bisa mengakses facebook anda lagi?.

Wah…wah… mungkin anda akan sangat sedih bila anda harus kehilangan teman-teman di Facebook, kehilangan pesan-pesan penting yang anda simpan, dan kehilangan semua comment, wall post, sampai group anda. Nah untuk menghindari profil anda di suspend atau diblokir, sebaiknya anda ketahui hal-hal kecil yang sepertinya sepele tapi bisa membuat profil facebook anda dibanned alias diblokir.

1. Nama Palsu. … sepele kan? Apalah arti sebuah nama? Satu hal yang perlu ingat jangan pernah mempergunakan nama palsu apalagi yang berbau “trade mark” sebuah produk, selebritis atau hal-hal yang sifatnya melanggar hak cipta seseorang. Begitu Facebook mengetahui (karena ada yang komplain atau melaporkan) kalau profil anda menggunakan nama yang melanggar hak cipta, atau meniru-niru seseorang, bersiap-siaplah kehilangan profil fesbuk anda. Apalagi kini banyak masukan kepada penyelia facebook bahwa facebook seringkali jadi media cybercrime. Dengan makin berkembanganya sistem search engine dalam pelacakan identity user IT dan dilengkapi dengan sistem automatic replace/remove maka bukan tidak mungkin nama anda akan hilang dengan sendirinya dalam facebook storage.

2. Posting terlalu banyak di Wall orang lain, atau di Wall Group atau bahkan di Wall anda. Ketika anda baru jatuh dimabuk cinta dengan teman baru/sang pacar yang kebetulan juga punya fesbuk, maka andapun tak henti-hentinya (hampir tiap menit) menulis di Wall sang pacar. Memang..mengungkapkan rasa cinta tidak ada yang melarang, tapi kalau anda harus memenuhi Wall sang pacar dengan ungkapan hati anda, maka andapun mesti bersiap-siap kehilangan fesbuk anda. Intensitas dan frekuensi posting wall berlebihan akan mengarahkan sistem traffic dalam facebook membaca posting anda sebagai gangguan/interference.

3. Teman Anda terlalu banyak. Rumor mengatakan bahwa batas maksimum friend di Facebook adalah 5.000 orang. Maka untuk menghindari agar fesbuk anda tidak diban, sebaiknya batasi jumlah friends anda jangan sampai melebihi batas yang diperolehkan oleh Facebook. Bukankah terlalu banyak friends juga membuat kita tidak fokus dan bahkan justru melemahkan speed loading koneksi fasbuk anda. Sebuah ungkapan kecil mungkin berguna "less is more"  atau “better be alone than in a bad company” itu artinya lebih baik kita punya teman sedikit tapi bisa saling mengenal satu sama lain, daripada punya banyak teman, tapi hanya sekedar penghias statistik dan tidak saling mengenali. Dan jangan pernah beranggapan bahwa dengan banyaknya daftar teman, anda mendadak merasa sebagai selebriti yang terkenal..hehe. Justru dengan itu anda makin rentan untuk menjadi objek kejahatan..apalagi list friend anda dipenuhi oleh orang-orang baru yang tak anda kenal...   

4. Poke yang berlebihan. Mungkin maksudnya  anda ingin memberikan perhatian pada semua orang, kalau anda peduli sama mereka. Tapi dengan memberikan Poke yang berlebihan dan tidak beraturan, jangan heran bila suatu hari anda tidak bisa login pada fesbuk anda.

5. Copy Paste. Karena ingin mempermudah membalas message atau wall ke teman-teman, anda memilih copy paste dari kata-kata atau kalimat yang ingin anda sampaikan. Jangan pernah lakukan hal seperti ini, memberikan message atau wall dengan kata-kata atau kalimat yang sama persis dan terus berulang-ulang akan membuat anda disangka sebagai seorang Spammer, dan besar kemungkinan fesbuk anda bakal disuspended.

6. Terlalu banyak bergabung dengan Group. Jangan sekali-kali anda bergabung dengan berbagai macam group, apalagi group itu memiliki jumlah member yang banyak dan tidak familiar. Member yang variatif dengan jumlah besar akan mengarahkan id user anda terkoneksi dengan berbagai motif  kepentingan yang juga variatif..Bisa jadi anda masuk dalam perangkap sindikasi pemikiran, pesona negatif dan berbagai jenis cyber crime yang ujungnya akan merugikan anda sendiri. Limit maksimum group yang diperbolehkan untuk anda bergabung sekitar 200 group. Jadi kalau saat ini telah bergabung dengan lebih dari 200 group, bersiap-siaplah untuk kehilangan fesbuk anda.

7. Menulis hal-hal berbau sara, rasis, penghinaan, atau sikap permusuhan entah itu wall, status update atau message
Sekalipun sistem koneksi dunia maya bisa bersifat tertutup, private dan secret, jangan pernah berfikir anda bisa bersembunyi dari pantauan. Tidak ada sistem teknologi informasi yang benar-benar steril. Interkoneksi IT selalu meninggalkan jejak yang dengan mudah dapat melacak setiap pengguna internet. Apalagi jejaring fasbuk yang sangat terbuka.Untuk itu jangan bayangkan anda bisa lempar batu sembunyi tangan. Posting yang berbau sara, ras dan provokasi permusuhan bukan tidak mungkin akan menggiring anda akan terjerat pada hukum melalui UU ITE yang berlaku di Indonesia khususnya. Dan sistem fasbuk di Indonesia bertanggungjawab terhadap hal ini. Untuk lebih lengkapnya hal-hal yang bisa membuat facebook anda di blokir anda bisa lihat di Terms Facebook

Tidak ada komentar: