selamat hari raya idul fitri 1432 H. Minal Aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. mari kita galang silaturahim untuk meyatukan gagasan demi kemajuan prenduan . hanya itulah bentuk terima kasih bagi tanah kelahiran yang telah membesarkan kita

21 Agustus 2011

BISIKAN AL-GOZALI UNTUK KITA

Dikirim oleh: Anwar Nuris

Suatu hari, Sang Hujjatul Islam Imam al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya yang cerdas dan pintar. Saat berkumpul itu, al-Ghazali mengajukan beberapa pertanyaan kepada beberapa muridnya itu:

“Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”. Murid 1 menjawab: “Yang paling dekat dengan kita adalah Orang tua”. Murid 2 menjawab bahwa: “Yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini adalah Guru”. Sedangkan Murid yang 3 menjawab bahwa: “Yang paling dekat dengan diri kita adalah teman atau sahabat”. Dan Murid yang 4 pun menjawab bahwa : “Yang paling dekat dengan diri kita adalah Kaum kerabat”. Mendengar jawaban keempat muridnya itu, al-Ghazali berkata: “Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah MATI, sebab itu adalah janji Allah bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. “

“Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini?”. Murid 1 menjawab: “ Negeri Cina ”. Murid 2 pun juga menjawab bahwa : “Yang paling jauh dari kita adalah Bulan”. Sedangkan Murid 3 menjawab: “ Yang paling jauh itu Matahari”. Dan Murid 4 menjawab bahwa: “Bintang-bintang adalah yang paling jauh dari kita”. Mendengar jawaban-jawaban itu, al-Ghazali berkata: “Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah masa lalu. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap tidak akan bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok, dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama”.

“Apa yang paling besar di dunia ini?”. Murid 1 menjawab : “gunung”. Murid 2 menjawab: “Matahari”. Sedangkan Murid 3 menjawab: “Bumi”. Mendengar jawaban-jawaban itu, al-Ghazali kemudian berkata: “Semua jawaban itu benar. Tetapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU. Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu itu membawa kita ke neraka”

“Apa yang paling berat di dunia ini?”. Murid 1 menjawab: “Baja”. Murid 2 menjawab: “Besi”. Murid 3 menjawab: “Gajah“. Mendengar jawaban-jawaban itu, al-Ghazali berkata: “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling berat adalah memegang amanah.

“Apa yang paling ringan di dunia ini?”. Murid 1 menjawab : “Kapas”. Murid 2 menjawab: “Angin”. Murid 3 menjawab: “Debu”. Murid 4 menjawab: “Daun-daun”. Mendengar jawaban-jawaban itu, al-Ghazali berkata: “Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah meninggalkan sholat. Gara-gara urusan dunia kita tinggalkan sholat”

“Apa yang paling tajam di dunia ini?”. Murid-muridnya dengan serentak mejawab: “Pedang !”. Mendengar jawaban itu, al-Ghazali berkata: “Itu benar. Tetapi yang paling tajam di dunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai parasaan saudaranya sendiri”

Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: