selamat hari raya idul fitri 1432 H. Minal Aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. mari kita galang silaturahim untuk meyatukan gagasan demi kemajuan prenduan . hanya itulah bentuk terima kasih bagi tanah kelahiran yang telah membesarkan kita

SEKILAS PRENDUAN

SEJARAH
Asal nama Prenduan dipercaya berasal dari Bahasa Madura arenduh, yaitu posisi ketika sapi atau kuda meringkuk. Menurut legenda di desa inilah tempat beristirahatnya kuda yang dinaiki Jokotole dalam perjalanan pulang dari kerajaan Majapahit menuju Kerajaan Songennep (nama asal Kabupaten Sumenep yang seringkali disebut dalam beberapa babad sejarah). Cerita lain menyebutkan bahwa desa ini merupakan tempat beristirahat pasukan berkuda Belanda jika dalam perjalanan dari Pamekasan menuju Sumenep. Lokasi desa memang hampir di tengah-tengah jarak antara kedua kota. Jarak ke Sumenep 30 Km dan jarak ke Pamekasan 24 Km. Dahulu desa ini adalah tempat yang cukup hijau, ramai dan dekat dengan sumber air, masuk akal jika Jokotole maupun Belanda memilih tempat ini sebagai tempat istirahat. Beberapa peninggalan mata air yang masih ada hingga kini adalah sumber air yang terletak di tepi sungai satu-satunya yang melintasi desa. Penduduk desa menyebutnya "somor jerman". Entah bagaimana sejarahnya mengapa sebutan jerman yang digunakan. Kemungkinan sumber air itu dieksplorasi pada masa pemerintahan Hindia Belanda dan dibawah koordinasi ahli dari Jerman. Selain itu ada juga sumber air yang oleh seorang pengusaha Desa dibuat sebagai tempat pencucian mobil. Sumber ini terletak di batas Desa yaitu di Desa Aengpanas yang disebelahnya juga terdapat sumber air panas dan mengandung belerang. Nama Desa ini "Aeng Panas" juga menunjukkan adanya sumber air panas yang terus menerus mengalir hingga kini. (Aeng Panas = Air Panas dalam bahasa Madura). Pada masa penjajahan Belanda desa ini merupakan pusat perdagangan yang sangat penting bagi kawasan sekitarnya. Berdasarkan data yang ditulis oleh peneliti Belanda dari Universitas Neijmegen: Hubb de Jonge dalam desertasinya yang dilakukan di desa ini pada tyahun 1970-an dengan judul Madura dalam empat jaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi dan Islam bahwa di desa pada tahun 1920 terdapat enam pedagang yang memiliki modal dagang antara 4000 - 6000 gulden suatu jumlah yang sangat besar pada masa itu. Transportasi utama perdagangan saat itu adalah dengan perahu layar dari pelabuhan Desa menuju beberapa pulau di Jawa Timur khususnya dan beberapa wilayah lain di Bali, Lombok, Makasar dan Kalimantan. Transportasi penting lain yang menjadi jalur transportasi utama darat menuju Pulau Jawa adalah dibangunnya jalur kereta api oleh Perusahaan Kereta Api Belanda : Madura Stoomtram Maatschappij pada tahun 1854 telah mendorong desa ini maju dengan pesat. Transportasi darat juga bersinggungan dengan transportasi laut yang menghubungkan dengan kota-kota pantai di bagian Utara Jawa Timur mulai dari Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Pasuruan dan Sidoarjo. Bahkan ada beberapa di antaranya yang langsung berlayar ke Bali, Sumbawa, Makasar dan Kalimantan.

LETAK
Secara adminitratif Desa Prenduan termasuk dalam wilayah Kecamatan Peragaan. Berbatasan dengan desa Pragaan Lao'di sebelah Barat, Desa Aeng Panas di sebelah Timur, dan Kecamatan Guluk-guluk di sebalah Utara. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura. Desa Prenduan terdiri dari 6 dusun yaitu: Paseser, Onggaan, Tamanan, Ceccek, Pao dan Bataal. Secara geografis Prenduan terdiri dari dua karakter wilayah yaitu daerah gunung dan daerah pesisir yang membentang di Utara dan selatan dibelah oleh jalan utama desa berupa jalan kabupaten. Daerah gunung oleh masyarakat setempat dikenal sebagai daerah onggaan. Karena letaknya secara topografis yang lebih tinggi. Terletak di bagian Utara Desa. Pada umumnya berupa lahan pertanian kering. Tanaman berupa jagung, kedelai, ketela pohon dan tembakau. Di sekelilingnya biasanya banyak ditanami pohon siwalan. Pohon yang menjadi andalan untuk bahan baku gula. Selain seringkali juga dimanfaatkan buahnya untuk makanan sejenis kolang-kaling. Selain itu daerah gunung/onggaan lebih difungsikan sebagai makam yang membentang dari Barat ke Timur. Hal ini mungkin karena letaknya yang tinggi sebagaimana banyak dianut dalam sistem kepercayaan masyarakat Cina. Daerah Pesisir terletak di bagian Selatan. Lahannya landai berpasir. Langsung berhubungan dengan selat Madura. Daerah ini sangat padat. Sejak jaman dahulu daerah ini sudah menjadi daerah yang sangat penting. Di sepanjang pantai banyak berdiri rumah-rumah kuno peninggalan para juragan pribumi dan cina yang berhasil melakukan perdagangan melalui perhubungan laut. Di tepian pantai banyak berjejer perahu nelayan yang umumnya milik para nelayan yang tinggal di daerah ini.
lebih lengkap lihat sumber: wikipedia

4 komentar:

chairi mengatakan...

saya berharap blog ini dapat memberikan pencerahan kepada generasi mendatang sebagai lumbung pengetahuan. bahwa sesungguhnya Prenduan jauh sebelum masa peradaban berkembang Prenduan telah ada dan tercatat dalam sejarah, hal ini telah banyak di tulis dalam bergai buku dan makalah tentang Prenduan masa lampau hingga masa kini.buat generasi prenduan harum nama kalian semerbak bumi Prenduan. harapan saya alamat Blog dan Wikipedia dapatnya ditampilkan Facebook Bani Gemma

RHF mengatakan...

Sip...kami juga berharap demikian..Media sudah cukup memadai untuk terus menjalin silaturahmi. Era kini era informasi. Untuk mengambil tempat dalam pentas yang lebih luas maka hanya dengan informasi kita bisa melakukannya. Banjiri dunia maya dengan informasi positif tentang desa kita..Prenduan.. Buka peluang sebesar-besarnya..

kontributor mengatakan...

Sedikit tambahan tentang Sumber Jerman:
Sekitar tahun 1966 ada sebuah perusahaan bernama Pragla mengadakan ekplorasi sumber minyak di daerah Prenduan dan sekitarnya..Di sekitar jembatan perusahaan itu mengebor beberapa sumur. Pada saat pengeboran dilakukan peledakan dinamit untuk memetakan lapisan dibawahnya. Entah bagaimana ceritanya apakah karena mata bor mengenai bagian antiklinal atau karena kekuatan dinamit, terjadilah ledakan yang diikuti dengan pancaran air yg tidak habis2 di lokasi Pondok Putri. Sangat kebetulan, nama perusahaan itu adalah Pragla yg juga bisa merupakan singkatan dari Pragaan Laok, desa dimana sumber ini terletak.
Dampak dari diadakannya eksplorasi adalah terbentuknya jalan yang sekarang menjadi Jalan PLN. Perusahaan itu memakai peralatan berat semacam buldozer untuk membuat jalan. Di sekitar PLN yang sekarang, pas dimuara sungai Pragla juga mengadakan pengeboran. Hasil pengeboran semua nihil. Selain di Prenduan, Pragla juga melakukan drilling di kampung Pao, dimana juga tidak memberikan hasil.

ROKHMATULLAH HADI WITONO mengatakan...

Mohon disampaikan juga siapa saja yg memimpin preduen